Mahfud MD: Tempa Diri dalam Mencapai Ketakwaan

Berproses menuju takwa, dinilai penting karena hal itu merupakan wujud keteguhan diri mencapai kesuksesan kita sebagai seorang muslim, bertakwa.

Share :
Mahfud MD: Tempa Diri dalam Mencapai Ketakwaan
Berita

Jakarta, www.istiqlal.or.id ? "Dalam mencapai ketakwaan, setiap orang harus menempa dirinya. Menempa diri adalah upaya melakukan berbagai langkah agar mencapai tujuan, dengan menetapkan dulu apa itu tujuannya agar tercapai," ujar Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P., dalam ceramah tarawih di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (16/4/2021).

Berproses menuju takwa, dinilai penting karena hal itu merupakan wujud keteguhan diri mencapai kesuksesan kita sebagai seorang muslim, bertakwa. "Nah tujuan kita bertakwa, langkah yang dilakukan adalah menempa diri agar sukses menuju takwa," papar Prof. Mahfud.

"Tidak akan sukses barangsiapa yang tidak mau menempa dirinya dengan melawan dan menghadapi resiko yang ada di depan," jelas Prof. Mahfud mengutip dari petuah Arab.

"Orang yang takut, malas, mudah menyerah itu tidak akan sukses, dan tidak akan pernah terhormat, orang yang sebelum berbuat, sudah menyatakan takut," lanjut Prof. Mahfud.

Oleh karenanya, Prof. Mahfud mengajak jamaah agar senantiasa semangat dalam menempa diri, dan melawan setiap tantangan, baik itu urusan dunia, maupun akhirat.

Mengingat pentingnya peran akhirat pada setiap kehidupan kaum muslim, Prof. Mahfud memaparkan dalam hal ibadah kepada Allah, ada dua proses menempa diri yang bisa ditempuh untuk mencapai ketakwaan. Diantaranya sebagai berikut.

Tags :

Related Posts: